Rakyat Saudi Tuntut Perubahan, “20 Maret” Demo Besar!

  • Posted by Bambang Sugiarto
  • at 3/15/2011 10:01:00 AM -
  • 0 comments
Masyarakat Arab Saudi melanjutkan aksinya menggelar protes menuntut perubahan signifikan di negeri kaya minyak itu.

Puluhan laki-laki Ahad (13/3) berunjuk rasa di depan gedung Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mendesak pelepasan tahanan.

“Mereka menuntut pembebasan kerabatnya di penjara,” kata aktivis Mohammed al-Qahtani seperti dikutip Reuters.

Sebelumnya, ratusan pengunjuk rasa anti-pemerintah membanjiri jalan-jalan di Arab Saudi timur menuntut reformasi politik. Di bawah penjagaan ketat petugas keamanan dengan senjata lengkap di seluruh negeri, sekitar 500 pengunjuk rasa, terutama Syiah, turun ke jalan-jalan di kota Hufuf, Qatif dan Awamiya pada hari Jumat.

Pada hari Jumat, otoritas Saudi mengerahkan ratusan polisi di Riyadh, dan kota-kota utama lainnya menjelang unjuk rasa anti-pemerintah yang digelar setelah Shalat Jumat.

Sehari sebelumnya, polisi Saudi melepaskan tembakan untuk membubarkan aksi protes di kota timur Qatif, yag melukai setidaknya tiga demonstran Syiah. Para saksi mata mengatakan polisi juga memukuli para demonstran dengan pentungan.

Di sisi lain, lebih dari 32.000 warga Saudi menyatakan mendukung seruan pelaksanaan demo Jum’at, (11/3) dan 20 Maret mendatang.Sementara itu, pemerintah Arab Saudi, telah meningkatkan pengawasan keamanannya di ibukota dan Qatif.

Di Arab Saudi, aksi unjuk rasa dan setiap tindakan yang menampilkan perbedaan dengan pendapat umum dilarang dan dianggap ilegal. Ulama senior Wahhabi turut menjadi perpanjangan tangan kerajaan dengan mengecam demonstrasi kelompok oposisi dan menyebutnya sebagai “tidak Islami.”

Sebuah grup di Facebook, yang memiliki lebih dari 17.000 anggota, juga menyerukan untuk sebuah “Revolusi Saudi” pada 20 Maret mendatang. Puluhan ribu orang Saudi telah bergabung dengan gerakan ini.(IRIB, 14/3/2011)

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 comments: